Tangkuban perahu





Tangkuban perahu merupakan tempat wisata alam yang berlokasi di cikole, Lembang. Sekitar 20 km ke arah utara kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan ketinggian 2084m. Sebelum masuk ke kawasan wisata alam ini, anda akan disodori pemandangan dengan hamparan perkebunan teh, jika anda menempuh perjalanan dari jalur subang, dan pepohonan pinus jika dari arah Bandung. Gunung ini tiidak terlepas dari legenda Sangkuriang. Dimana Sangkuriang mencintai ibu kandungnya, Dayang Sumbi dan memintanya untuk menjadi istrinya. Untuk menggagalkan rencana Sangkuriang, Dayang Sumbi meminta syarat kepada Sangkuriang untuk membuatkan sebuah perahu dalam waktu semalam. Karena Sangkuriang tidak bisa menyelesaikan perahunya dalam waktu yang ditentukan, dia pun tidak bisa menikahi Dayang Sumbi. Dalam keadaan marah, dia menendang perahunya, hingga perahunya itu terbang dan jatuh tertelungkup dan menyerupai sebuah gunung. Lama-kelamaan, di tengah gunung tersebut membentuk sebuah kawah, yang sekarang menjadi tempat wisata alam Gunung Tangkuban Perahu.
Gunung tangkuban perahu mempunyai 3 kawah, yaitu :
1. Kawah Ratu.
    Kawah ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan, mungkin karena lokasinya yang strategis, karena di tempat parkir sudah terpampang jelas namanya. Kawah ini tidak bisa didekati, karena berbahaya dan masih berbau belerang. Untuk yang tak biasa dengan bau belerang, disarankan untuk memakai masker.
2.Kawah Domas.
    Letaknya tak jauh dari kawah Ratu. Namun, kawah ini jarang dikunjungi wisatawan, mungkin karena pemandangannya yang tidak semenarik kawah Ratu. Namun disini, kita bisa menemukan air panas dengan belerang yang berguna untuk orang yang mempunyai penyakit kulit. Disini juga kita bisa merebus telur, karena airnya yang sangat panas sehingga telur bisa cepat matang.
3.Kawah Upas.
    Jika anda ingin melihat pemandangan yang berbeda dengan pepohonan tandus dan mati, anda bisa pergi ke kawah ini. Letaknya memang terbilang jauh dari kawah Ratu, bisa dilalui melalui jalur Parongpong, Bandung Barat.

Ada banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini, selain toilet, mushola, tempat parkir yang luas juga tersedia tempat-tempat souvenir khas tangkuban perahu dan kios-kios penjual makanan. Kuliner yang wajib dicoba disini adalah jagung bakar, ketan bakar dan cuanki (bakso khas bandung) juga minuman bandrek.
Harga tiket 25rb untuk wisatawan lokal  dan 30 ribu disaat weekend.
Untuk wisatawan asing dikenakan harga tiket masuk 20 ribu/orang dan 300 ribu disaat weekend.
Untuk sepeda 7 ribu, motor 12ribu, mobil 25 ribu dan bus 110 ribu.
Jika suatu saat anda berkunjung ke Jawa Barat, khususnya kota Bandung, tak ada salahnya anda berkunjung  ke tempat ini, karena selain dengan keindahan alamnya, tempat wisata ini juga menawarkan wisata sejarah dan legenda.  Ada banyak tour guide ataupun perjalanan wisata yang menawarkan perjalanan khusus kesana. Biasanya mereka menawarkan paket khusus ke beberapa tempat sekitaran Lembang, diantaranya wisata Kawah Putih dan Pemandian air panas Ciater yang letaknya tak jauh dari tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. 

Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Perpusnas dalam Pembangunan

Dare to be you with ASUS S14 S433