Posts

Showing posts from June, 2020

Kau Yang Ternanti

Image
Kau yang ternanti, Sudah berapa waktu kau lompati  Untuk sekedar sembunyi dan berpaling Dari sebuah rindu yang tak pernah bergeming
Kau yang ternanti, Ini disini sepi menyeri, Mengharap mimpi tak sekedar mimpi Mengharap cinta tak lagi sebagai ilusi
Aku yang terlempar Dari jarak yang selalu menjalar Menjauhkan mu dengan aku yang terus terpedar Kadang hati selalu tergetar Apa rindu itu akan selalu terpancar Bila nanti mungkin ku tak kan pernah bisa tuk menalar
Kau yang ternanti, Ini disini masih tetap akan terus begini Seputih janji yang dulu kita berbagi Hingga di ambang pertemuan,kita akan saling menghampiri.. Sehati....

****** Puisi ini pernah diikutsertakan dalam kompetisi cipta puisi/cerpen yang diselenggarakan oleh @karlha30 , @sekerat_seketsa

Sebuah essai tentang Pandemi covid 19 di Indonesia dan Dunia

Image
Tahun 2020 bisa diibaratkan tahun penuh kepanikan, kecemasan dan ketakutan bagi seluruh penduduk dunia. Bagaimana tidak, hampir di seluruh belahan di dunia terkena dampak dari adanya virus baru yang dikenal dengan virus corona/covid 19. Virus yang pertama ditemukan di sebuah kota di Tiongkok, tepatnya di kota Wuhan, di provinsi Huabei. Virus yang gejalanya hampir mirip dengan flu ini, menyebar begitu cepat dan telah menewaskan hampir 100 orang perhari. Beberapa spekulasi bermunculan, ada yang menyebutkan bahwa virus ini berasal dari penjualan hewan liar untuk dikonsumsi, dalam hal ini kelelawar, yang banyak dikonsumsi oleh penduduk disana. Ini bisa terlihat dari adanya pasar penjualan hewan tersebut Wuhan, yang banyak dikunjungi pembeli,  sebagai imbas dari tren untuk mengkonsumsi makanan-makanan ekstrim. Ini pula yang menjadikan sebuah challenge/tantangan tersendiri untuk mencoba menjadikan hewan tersebut sebagai bahan makanan. Namun ada juga yang berspekulasi, bahwa virus ini berasal …

Cilok bakso

Image
Berawal dari jalan-jalan ke lembang dan di perjalanan pulang,nemu lah pedagang cilok ini.Awalnya bingung juga nih dengan namanya.Mau dibilang cilok bakso,tapi di depan gerobaknya tertulis cilok kuah...dibilang cilok kuah,tapi di sisi lain ada tulisan cilok bakso...(walahhh..kayanya si penjualnya za galau mau ngasih namanya). Aku sih tadinya iseng za belinya,soalnya belum pernah ngerasain juga ciloknya.Tapi penasaran juga pas lihat banyak yang beli.Alhasil,kebagian ngantri juga donk kita...😅😅 Setelah nunggu lama,jadi juga lah pesanan kita...Dilihat porsinya sih...emang bakal mengenyangkan sekaliiiii...yang ada bakso gedenya tu dipatok harga 10 ribu.Isinya ada 1 bakso/cilok gede isi telur dan beberapa cilok kecil..(aku gak sempet ngitungnyaa..bawaannya udah pengen masukkin perut za..😂😂).Yang satu porsi lagi harganya 8 ribu,ada bakso sedang,tahu dan 10 cilok ukuran kecil..Sebenarnya si mamang juga gak matok harga,semaunya kita za mau beli berapa..semuanya dilayani kok...bahkan tadi ak…

Hutan dan udara yang saling berkaitan

Image
Seperti kita ketahui,hutan merupakan paru-paru dunia.Keterkaitannya dengan udara memang tidak bisa dipisahkan begitu saja.Dimana bila hutannya hijau,terawat dan dan tidak gundul,bisa menyumbangkan udara yang bersih kepada semua penduduk yang berdiam di sekitarnya.Dan beruntungnya lagi,Indonesia menempati tempat kedua setelah Brazil,sebagai negara yang mempunyai hutan terluas dan terbesar di dunia.Belum lagi,Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa yang menjadikan hutannya tumbuh dengan beraneka ragam hayati yang hanya dapat ditemui di hutan-hutan yang beriklim tropis saja. Hutan yang hijau juga dijadikan sebagai media pengobatan untuk mengatasi stress.Seperti yang dikemukakan oleh beberapa ilmuwan korea selatan.Mereka melakukan penelitian dan riset di lapangan,dan hasilnya menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan atau alam bebas selama 45 menit,bisa menurunkan stress hingga 15 %,dan bisa menumbuhkan kreatifitas dan produktifitas seseorang hingga 60%,jika dibandingkan dengan orang-o…

Teknologi sebagai gaya hidup di masa pandemi

Image
Tepat di tahun 2020 ini,menjadi awal munculnya "coronna virus 2019" atau yang dikenal dengan covid19.Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan,Tiongkok ini menyebar dengan sangat cepat di hampir seluruh belahan dunia,termasuk di negara kita ini,Indonesia.Bak perang melawan musuh yang tak terlihat,seluruh negara-negara di dunia melakukan berbagai macam cara untuk menangkis/menolak serangan musuh coronna.Termasuk di Indonesia sendiri,ada banyak peraturan-peraturan pemerintah yang dikeluarkan untuk melindungi seluruh rakyatnya dari serangan ganas coronna.Termasuk diantaranya himbauan untuk tetap di rumah (stay at home),anjuran untuk selalu memakai masker,dan jaga jarak (physchal distancing).Semuanya berpegang pada Protokol Kesehatan yang ditetapkan WHO (World Health Organization). Belum berhenti sampai disitu saja,pemerintah mulai memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),dimana kegiatan masyarakat di luar rumah dibatasi,walaupun tidak seketat negara-negara lain,yan…

Mengobati kutilan

Image
Mempunyai kutil memang mengganggu,apalagi jika tumbuh di area-area sensitif atau yang terlihat langsung oleh orang lain,baik itu di tangan,leher ataupun di wajah.Ada beberapa tips untuk mengatasinya.Diantaranya : 1. Ambil 1 siung bawang merah,lalu iris tipis dan masukkan kedalam mangkok atau gelas kecil. 2. Tuangkan 1 atau 2 sendok cuka,biarkan hingga bawang merah terendam. 3. Tutup mangkok/gelas,diamkan selama 2 malam. 3. Setelah 2 malam,buka penutup mangkok.Ambil bawang merah yang sudah terendam cuka,lalu tempelkan di area yang terkena kutilan,dengan menggunakan plester. 4. Diamkan selama 2 hari. 5. Awalnya memang akan terasa perih,namun itu normal terjadi. 6. Setelah 2 hari,baru plester boleh dibuka.Dan hasilnya,kutilan akan lepas dan menempel bersama bawang merah dan plester. Boleh dicoba !!!!

Seblak teh ipeh

Image
Kalau mudik ke tasikmalaya,tepatnya di Kampung Godebag Desa Tanjungkerta,pasti selalu nyempetin buat jajan disini.Dari pertama berdiri dari tahun 2012,sampai sekarang tahun 2020.Dari masih di depan rumahnya di depan rt 03,sampai pernah buka kios di Panumbangan-Ciamis,hingga kini standbye di rt 02 rw 02 Kampung Godebag,Seblaknya selalu laris manis.Walaupun sudah banyaknya saingan,seblak ipeh (begitu panggilan khasnya) selalu banyak diserbu pembeli yang notabene anak-anak sekolah dari mulai sd,smp,sma sampai anak kuliahan (maklum,daerah situ berada di kawasan sekolahan dan dekat dengan area perkuliahan).Selain seblaknya yang wajib dikasih dua jempol,juga disana disediakan tempat-tempat buat kongkow atau sekedar nongkrong2 ala anak muda.Walaupun tempatnya tidaklah besar,hanya garasi rumah yang disulap menyerupai kantin,dimana hanya ada 1 meja panjang dan 2 buah kursi panjang,dan teras+taman depan rumah yang disulap jadi dapur kecil,tapi tempat ini bisa dibilang cukup cozy buat anak-anak …

Mengobati mata ikan di kaki

Image
Yang pernah mengalami mata ikan,pasti merasakan bagaimana sakitnya.Memang awalnya tidaklah mengganggu,hanya benjolan kecil saja,tapi jika sudah membesar dan mengganggu akan mulai terasa sakit dan benjolan akan terus menyebar di seluruh telapak kaki.Jika ke dokter,ujung-ujungnya pasti harus menjalani operasi kecil. Untuk anda yang tidak mau melakukan operasi kecil ini,bisa melakukan tips dibawah ini. 1. Ambil satu buah pepaya muda,yang ukurannya masih sebesar kepalan tangan. 2. Tusuk dengan garpu,lalu bakar di atas api sekitar 10-15 menit,hingga buah pepayanya mulai terasa panas. 3. Tekan buah pepaya yang masih terasa panas dengan telapak kaki yang terdapat mata ikan.Hingga buah pepaya menjadi dingin. 4. Ulangi lagi dengan membakar buah pepayanya kemudian tekan kembali dengan telapak kaki. 5. Lakukan tips ini setiap hari,hingga benjolan di telapak kaki berangsur-angsur hilang.
Demikian tips ini,semoga bermanfaat... 😊😊

Bakso Topi merah

Image
Jika anda tinggal di sekitaran ujungberung-Bandung.Tepatnya di perumahan sekitaran desa melatiwangi kecamatan cilengkrang,pasti tau dengan bakso satu ini.Kenapa disebut bakso topi merah ? Karena si mamangnya selalu memakai topi merah.Walaupun gerobaknya dan warna gerobaknya gonta-ganti,tetep za dia selalu pake topi merah (sampe sekarang,si mamang udah ganti 3× gerobak dengan warna beda-beda).Lucunya lagi,pas ujan gede..si mamang bakso ini pake jas ujan,tapi tetep kepalanya sengaja pake topi dari kresek warna merah.Jadilah,semua warga kompleks memanggilnya dengan bakso topi merah. Harganya cukup murah koq..cuman 10rb satu porsi.Walaupun si mamangnya masih suka meladeni kalau ada yang mau beli cuman dengan harga 5 rb juga (porsi anak-anak). Kalau soal rasa,jangan ditanya lagi....selain bakso ini ada 3 orang yang jualan bakso dan lewat depan rumah setiap harinya.Tapi cuman bakso ini yang bikin ketagihan dan rela untuk melewatkan bakso-bakso yang lainnya....😅😅😅😅 Ouwh iyaaa..selain topiny…

Ramadan teristimewa

Image
Ramadan yang teristimewa
Syahdu...
Rindu...
Pilu...
Jadi satu

Ramadan yang selalu ditunggu
Setiap insan yang berpadu
Bersama mengisi waktu
Dengan doa dan tawadhu

Kebaikan yang kita beri
Di Ramadan yang penuh arti
Semoga menjadi amal yanghakiki
Untuk akhirat tempat kita kembali

Ramadan yang teristimewa
Ramadan yang mempesona
Dimana setiap amal dan ibadah yang dilakukan
Akan berlipat ganda dan diperhitungkan

Hanya di Ramadan
Selalu di Ramadan
Hati ini terpaut mengikut waktu
Beradu mencari ridho illahi Yang satu
~~~~~~~~~~~`~~~~````~~~~~~~~~~~~``~~~~~~`~``







Puisi ini pernah diikutsertakan dalam lomba cipta puisi Ramadan yang diselenggarakan oleh penerbit emir.co.id catatan harian catatan adalah catatan bahasa indonesia catatan bagus



Kuunjuk salam padamu ya Ramadan

Image
Ku unjuk salam padamu ya Ramadan
Dengan segala keterbatasan gerak kami tahun ini
Namun tak menyurutkan semangat kami kali ini
Seperti tahun-tahun kami sebelumnya

Ku unjuk salam padamu ya Ramadan
Untuk malam-malam kami yang tak lagi sunyi
Dengan menyibukkan diri kami dengan teraweh dan qiyamul lail

Ku unjuk salam padamu ya Ramadan
Untuk hari-hari yang tak berbatas untuk selalu membasahi lidah-lidah kami dengan wirid dan tadarus

Ramadan kali ini,
Mungkin surau-surau dan masjid-masjid kami tak lagi ramai
Tapi ada berkah dan makna didalamnya
Mungkin illahi robbi menginginkan rumah-rumah kami ramai dengan lantunan ayat-ayat suci alquran
Agar semua hal yang biasanya hanya dilakukan di mesjid kini beralih ke rumah kami
Sehingga rumah-rumah kami pun diberi keberkahan
Aamiin allohumma aamiin

Ku unjuk salam kami kepadamu ya Ramadan
Semoga wabah pandemi qorona ini cepat berlalu
Agar kami bisa beraktifitas kembali
Dan terima kasih untuk selalu hadir diantara kami
Semoga kami bisa senantiasa bert…

Darajat Pass

Image
Darajat pass merupakan tempat wisata yang berada di kabupaten Garut,Jawa Barat.Mengusungkan pemandangan perbukitan yang indah dengan wisata aquatik puncaknya.Dimana Garut sendiri terkenal dengan wisata air panasnya.Seperti juga Sabda Alam,disini kita disuguhi dengan kolam renang air hangat,waterboom dengan wahana bucket giantnya,yang berupa ember besar yang dalam waktu beberapa menit sekali siap menumpahkan airnya.Walaupun menurut penulis pribadi,airnya tidak lebih panas dari pemandian air panas di ciwalini,ciwidey,Bandung.
Fasilitas disini selain kolam renang adalah gazebo,penyewaan kuda,fasilitas outbond termasuk diantaranya flying fox,trampolin,atv,paint ball,juga ada berbagai macam permainan anak.Objek wisata ini juga memiliki tempat parkir yang luas,cocok untuk keluarga,acara sekolah yang ingin mengadakan study tour ataupun instansi-instansi perusahaan yang berencana mengadakan family gathering.
Fasilitas lainnya adalah adanya mushola,toilet,studio photo,tempat merchandise dan p…

Hari pertama puasa

Image
"Ma..besok puasa ya ma ?" Syifa,anakku umur 6 tahun bertanya.
"Insha allah sayang" jawabku sambil terus scrolling instagram.
Heee..maklum kalau ibu-ibu zaman now ya begini...teman terbaiknya hp,kalau ga ngerumpi lewat grup wa,ya scrolling instagram atau facebook.
"Insha allah itu berarti beneran besok ya,ma ?"
Syifa bertanya lagi.
"Kita lihat pengumuman di tv nak,jadi nggak nya"
Kataku datar.
"Oohh....." jawabnya lagi.
Aku tahu dalam pikirannya masih banyak pertanyaan lagi,tapi urung dia utarakan,karena tahu kalau jawaban mamanya singkat dan datar,itu tandanya mamanya sedang sibuk atau tidak mau diganggu.
Untuk anak seumuran dia,memang tak akan pernah puas dengan jawaban seperti itu.Dia masih akan berpikir kenapa harus lihat tv dulu,dan jika aku bilang tentang hilal,pasti dia akan bertanya lagi apa itu hilal ? Kenapa harus ada hilal ? Apa hubungannya dengan kalau puasa besok,dan seterusnya.
Tapi,ya sudahlah...biarkan dia dengan pikira…