Kebiasaan Baru Selama New Normal

Sumber poto : https://www.instagram.com/modenaindonesia/


New normal bagi kami sebenarnya sama saja seperti  saat PSBB kemarin. Karena kami banyak menghabiskan sebagian waktu kami di rumah saja. Hanya bedanya, jika sebelum new normal, kami sama sekali tak bisa keluar rumah, sedangkan di masa new normal transisi ini, kami bisa sesekali jalan-jalan keluar, baik itu hanya untuk sekedar berbelanja kebutuhan sehari-hari ataupun menghirup udara segar.
Mungkin karena sudah terbiasa di rumah juga kayanya, maklumlah selama hampir 4 bulan ini kan kita memang dianjurkan untuk stay di rumah. Belum lagi karena memang ada banyak hal yang menyenangkan yang bisa kami lakukan hanya dengan tinggal di rumah saja. Bagaimana tidak, semuanya sekarang serba online, mau belanja sehari-hari pun tinggal online, bayar tagihan, beli obat semuanya dengan serba online. Kalau masalah order makanan, jangan ditanya lagi,.. tinggal kita pilih menu yang kita suka lewat aplikasi, pesanan sudah di depan pintu, dianterin abang ojol.. bikin tambah mager za nih..
Tapi ada untungnya juga kemarin-kemarin kami tinggal di rumah. Aku jadi bisa belajar masak, pak suaminya juga jadi lebih intens menekuni hobi lamanya, bongkar-bongkar motor, sampai bisa turun mesin, tapi pas mau masang lagi, bingung caranya gimana.. 😅😅  akhirnya buka youtube, nyari tutorial cara bongkar/pasang mesin+onderdil motor.. 😁😁
Kalau bocah sih, kalau ga mainin gadget, yaaa.. ikut papahnya, nimbrung bongkar motor. Lumayan lah, biar ga gangguin bundanya masak di dapur. Pusing.. pusing.. dah tu papahnya direcokin bocah. 
Yang bikin aku betah di dapur, yaa itu... setelahnya pak suami beliin "BBQ gas burner BB 1046 G" dari Modena, beberapa waktu lalu. Itu tu, pemanggang model terbaru, yang bikin makanan jadi cepat matang, merata ke setiap sisi. Juga karena pemanggang ini tidak menggunakan arang, cukup di pasangin selang regulatornya ke gas elpiji, mirip kompor gas pada umumnya. Jadi lebih praktis kan,.. makanya aku jadi lebih sering bikin makanan yang dipanggang, dari sosis cemilan bocah, sate ayam yang biasanya gak pernah terlintas buat bikin, karena ribet harus beli arang dulu, belum lagi asapnya kemana-mana, hadeuhhh.. bikin ilfeel duluan, bahkan aku bela-belain nyontek buku resep masakan untuk bikin barbeque ala chef arnold, juri master chef Indonesia. 😁😁 Saking seringnya aku pake pemanggang BB 1046 G ini, pak suami sampai bilang, " udah bun, nanti bunda jualan za pake " BBQ gas Burner" itu, jualan sosis bakar atau sate seafood", katanya. Ya, emang BBQ Gas Burner ini cocok untuk pebisnis yang bergerak di bidang kuliner sih, lebih praktis dan mudah digunakan.
 Selain aku bisa belajar masak selama Adaptasi Kebiasaan Baru ini, hikmah lainnya yaitu pak suami jadi tambah rajin. Mungkin karena bosan kelamaan di rumah, dia jadi mau bantuin pekerjaan rumah, minimal nyuci baju sama nyuci piring lah... itu saja udah bikin aku senang... setidaknya berkurang lah pekerjaan rumahku.
Mula-mula dia menawarkan diri untuk mencuci piring, setelah melihat dapur berantakan, sisa-sisa perjuanganku belajar menu masakan baru.. 😅😅  Setelah mengumpulkan piring kotor di bak cuci piring, dia mulai memutar keran air, tapi kemudian aku menarik tangannya.
 " Papah mau ngapain ?", tanyaku.
" ya mau nyuci piring lah, masa bunda gak lihat papah ngocorin air...? Pak suami balik bertanya.
" Bukan gitu pah, kalau mau nyuci piring.. pake dishwasher dari Modena za, pah.. tu di sebelah tempat cuci piring, dekat kaki papah.." jawabku sambil menunjuk dishwasher warna grey tepat di sebelah Pak Suami.
" dishwasher ?, kok papah ga tau ya,.." dia balik bertanya,
" Bunda beli lewat arisan barang, pah.. bareng teman-teman kompleks, jadi wajar kalau papah gak tau." Lanjutku.
 Kemudian, aku tunjukkin cara kerjanya. Pak suami sampai geleng-geleng kepala. " enak banget jadi bunda, kerjaan bunda hampir semuanya enteng", katanya.
" iya donk, kan dibantuin sama Modenna", lanjutku.
" sebenarnya ada 3 tipe dishwasher pah.. cuman bunda pilihnya yang tipe Modena WP 2060 S, karena selain melakukan pencucian, juga dilengkapi self cleaning yang berfungsi membersihkan ruang dalam dishwasher, biar tetap higienis, juga karena dilengkapi ekstra dry, yang dilengkapi lap pengering sehingga piring dan alat makan menjadi kering." Kataku dengan bersemangat.
" Tipe lainnya yaitu Multi washer Modena WS 1020 G, yang dilengkapi program baby care, untuk pencucian dot serta peralatan makan bayi, serta tipe Modena WP 7121 S dengan kapasitas yang lebih besar, cocok untuk keluarga besar." Tambahku lagi.
Pak suami hanya manggut-manggut, mungkin dia sedikit bingung kenapa istrinya mendadak berlagak seperti sales perabotan rumah tangga sampai bisa sedetil itu menerangkan produk, mungkin begitu pikirnya. Tapi yaaa, memang aku seperti itu, aku harus tahu dulu spesifik dan kegunaan dari produk tersebut sebelum aku membelinya, setidaknya untuk meminimalisasi produk yang mubazir dan kurang berguna.
Apalagi saat pandemi coronna ini, menghambur-hamburkan uang hanya untuk hal yang kurang berguna sepertinya bukan waktu yang tepat. Belum lagi dengan keadaan ekonomi yang tidak menentu ini membuat kami harus berhemat dalam hal finansial. 
Untungnya, sebelum wabah coronna datang, kami sudah terlebih dulu menabung dan nyicil perabotan rumah tangga dari Modena, sehingga pas PSBB kemarin hingga kini, kami tak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan ataupun ganti baru, karena produk-produk Modena terkenal awet dan tahan lama, dengan penggunaan listrik yang tak boros juga.
Contohnya nih, saat Adaptasi Kebiasaan Baru seperti sekarang ini, kami mulai bisa keluar rumah, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan, baik itu memakai masker, membiasakan cuci tangan dan tetap jaga jarak pastinya. Dan sebagai ibu-ibu, tentunya hal yang pertama dilakukan saat keluar rumah adalah belanja kebutuhan sehari-hari, termasuk sayuran dan makanan tahan lama, agar tidak selalu setiap hari belanja, otomatis aku belanja lebih banyak dari biasanya, dan pulangnya pasti lah semua kebutuhan dapur aku simpan di lemari es. Karena yang aku pakai adalah Modena Smart Sensor Refrigerator, jadi bahan makanan yang aku simpan bisa awet, bahkan sayuran dan buah-buahan pun masih fresh dan tidak busuk walaupun sudah aku simpan berhari-hari.
Itu karena Modena Smart Sensor Refrigerator ini dilengkapi Multiflow cooling system, yang memastikan pendinginan hingga ke sudut ruang dalam lemari es, sehingga semua bahan makanan yang tersimpan lebih fresh dan healthy tentunya. Belum lagi dengan teknologi inverternya yang mampu menurunkan tingkat konsumsi energi hingga 20% dibandingkan lemari es konvesional, lebih hemat energi bukan !?
Contoh lainnya adalah mesin cuci Modena Calma WD 1157, selain hemat listrik, juga dilengkapi untuk mengukur batas air, sehingga lebih hemat air dan ramah lingkungan. Saat Pak Suami membantu mencuci pakaian, aku lupa masih banyak pakaian kotor yang tertinggal di kamar. Aku tambahin donk semua pakaian kotor itu ke mesin cuci, setelah sebelumnya menekan tombol penghentian. Eh, pak Suami malah sewot, dibilangnya dia nanti harus mengulang lagi pencuciannya dari awal. Aku bilang za kalau dengan Modena Calma WD 1157 ini, kita bisa menghentikan proses, kemudian melanjutkan kembali tanpa harus mengulang penyucian. Ini karena adanya Fitur Power-Off Memory dan berlaku juga pada saat mati listrik.
" pokoknya kalau pake produk Modena, kita bisa lebih sehat, Pah.. lebih senang juga, live  healthy be happy dech", kataku.
" iyaaa, bunda jadi lebih happy", Lanjut Pak Suami.
" iya donk", tambahku lagi.
" Trus, setelah ini bunda mau beli apa lagi ?" Tanyanya.
Wah, kesempatan nih, pikirku. Kontan saja aku mulai mendata barang apa saja yang sudah jadi wishlist aku selama ini.
" bunda pengen beli "Vacuum Blender Modena VB 1530 V, trus pengen beli kompor listrik " Modena Vetro-BC 1931,  juga "Water Dispenser Salutare DD 7181 L", pah... jadi air minum kita bisa lebih healthy.. " kataku bersemangat.
" Kalau gitu Bunda nabung za, atau kalau nggak ikut arisan barang lagi yaa.. " kata Pak Suami dengan entengnya.
Aku mulai cemberut, " Pasti begitu dech..", batinku. 😤😤😤

Sumber poto : https://www.instagram.com/modenaindonesia/




Artikel ini diikutsertakan dalam blog competition yang diselenggarakan


Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Perpusnas dalam Pembangunan

Dare to be you with ASUS S14 S433