Aglonema Lipstik, Harga Murah Tapi Tak Murahan


Aglonema Lipstik, Harga Murah Tapi Tak Murahan - ,Saat ini merawat tanaman hias sudah seperti hobi baru yang tak boleh dilewatkan. Bagi sebagian orang, hobi ini bukanlah sesuatu yang baru. Namun bagi sebagian lainnya, jelas ini adalah hobi yang patut dicoba.

Mengingat dengan adanya aturan " stay at home " di masa pandemi ini, orang-orang mulai bosan dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Perlu ada sesuatu yang baru !! Sesuatu yang bisa mengalihkan kita dari kejenuhan... 

Inilah awal mula orang-orang menggeluti hobi baru, termasuk bercocok tanam dan merawat tanaman hias ini.

Seiring dengan terbitnya hobi merawat tanaman hias ini, berpengaruh juga terhadap beberapa harga tanaman hias itu sendiri. Seolah menjadi trend, beberapa pecinta tanaman hias ini rela berburu tanaman hias yang mereka inginkan, meskipun harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Seperti Aglonema yang akhir-akhir ini menjadi viral dan banyak diburu.. terutama oleh para ibu-ibu pecinta tanaman hias. Tentu saja harganya pun mulai sedikit demi sedikit merangkak naik, seiring naiknya jumlah permintaan.

1.1 Apa itu Aglonema.

Aglaonema atau yang lebih dikenal dengan nama aglonema berasal dari bahasa Yunani, yaitu " aglos " dan " nemas ", yang berarti " terang ". Di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan " Sri Rezeki ", atau " Si Ratu Daun ", mengingat ciri khas dari tanaman ini adalah terletak pada daun-daunnya yang cantik dan menarik.


 2.2 Jenis-jenis Aglonema.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 30 jenis aglonema. Diantaranya adalah Aglonema Widuri, Pride of Sumatera, Lipstik, Legacy, Claudia, Cinta, Moonlight, Bidadari, Red Kochin, Red Rubby, Tiara dan masih banyak lagi.

Harganya pun bervariasi. Yang termahal saat ini ditempati oleh Aglonema Bidadari, Red Kochin, Moonlight hingga Legacy. Untuk yang termurah saja berada di kisaran 35 ribu - 300 ribu untuk ukuran bibit kecil dengan tinggi tidak lebih dari 10 cm. Harga ini akan terus naik mengikuti ukuran tinggi tanaman serta jumlah lembar daun yang terdapat pada tanaman hias tersebut.


2.1 Aglonema Lipstik Siam Aurora.

Diantara jenis-jenis Aglonema yang ada, Aglonema Lipstik tak kalah mempesona. Dinamakan lipstik, karena selain warna tengah daun yang hijau, di seluruh tepi daun bergaris merah persis warna lipstik.

Aglonema Lipstik Siam Aurora adalah yang sering kita jumpai di setiap toko tanaman hias yang menjual bermacam jenis Aglonema. Harganya yang tidak terlalu mahal, berbeda dengan Aglonema jenis lainnya menjadikan Aglonema ini cocok dijadikan koleksi tanaman hias.


2.2 Murah tapi tidak murahan.

Aglonema Lipstik Siam Aurora di pasaran ada dikisaran 25 ribu - 50 ribu untuk bibit, dengan tinggi tanaman tidak lebih dari 10 cm. Walaupun aglonema jenis ini terbilang murah, namun penampilan dan pesonanya tidak kalah dengan jenis aglonema lainnya.

Dengan warna daun hijau terang ditengah daun, serta dikelilingi warna merah di sepanjang tepi daunnya yang mirip gincu ( pewarna bibir ), membuat tanaman ini terlihat menyala bila terkena sinar matahari.

Jika aglonema lipstik Siam Aurora terlihat istimewa, lalu mengapa harganya lebih murah dibanding yang lainnya ?

Sebenarnya, harga tanaman hias tergantung dari beberapa faktor, misalnya :

  1. Seberapa banyak orang mencari jenis tanaman tersebut.
  2. Tanaman hias yang sedang viral bisa mempengaruhi harga jual tanaman hias tersebut. Contohnya, jika seseorang memposting jenis tanaman hias tertentu di media sosial, kemudian postingan tersebut akhirnya menjadi viral, maka ada kemungkinan harga tanaman hias tersebut juga akan menjadi mahal, meskipun belum banyak yang mencari.
  3. Seberapa sering tanaman tersebut masuk kontes tanaman hias. Tanaman hias yang sering diikutsertakan dalam lomba tanaman hias, ada kemungkinan bisa menaikkan harga jualnya.
  4. Kegunaan/manfaat tanaman tersebut. Contohnya selain hanya dijadikan sebagai hiasan saja, tanaman tersebut bisa digunakan untuk obat atau mungkin bisa untuk mengusir hama. 

Itu adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga tanaman hias. Sedangkan untuk keindahan dan eksotismenya itu tergantung dari setiap individu. Begitu juga dengan Aglonema Lipstik Siam Aurora ini maupun jenis-jenis Aglonema yang lainnya.


3.1 Cara merawat Aglonema Lipstik.

Merawat Aglonema Lipstik hampir mirip dengan mirip tanaman hias yang lainnya, diantaranya :

  • Media tanam yang dipakai umumnya ditanam didalam pot, dengan unsur tanah menggunakan Ph netral, sekitar 6-7.
  • Hindari meletakkan Aglonema di bawah sinar matahari langsung. Karena sifat Aglonema yang tak tahan sinar matahari dengan intensitas cahaya yang kuat. Namun juga tidak disarankan untuk meletakkan Aglonema di tempat udara yang lembap.
  • Merawat daun Aglonema cukup mudah. Dengan cara melap daunnya dengan spons basah agar warna daunnya bisa sedikit mengkilap.
  • Untuk hasil maksimal, bisa menggunakan obat pembunuh hama serta obat penyubur daun. Karena keindahan Aglonema adalah pada daunnya, maka jika daunnya terkena hama ataupun sampai dimakan ulat, maka keindahan daun Aglonema juga akan cepat hilang.
  • Untuk penyiraman serta pemupukan hampir sama dengan tanaman hias lainnya.  Disiram dengan durasi 1-2 hari sekali dan pemupukan minimal seminggu sekali.


3.2 Pernah dilupakan, namun kini dicari Kembali.

Aglonema pernah berjaya sepuluh tahun silam bersama Anthurium, termasuk diantaranya Aglonema Lipstik Siam Aurora ini. Saat itu banyak spekulan yang menawar tinggi terhadap dua jenis tanaman tersebut. Setiap helai daunnya bisa dihargai paling murah 25 ribu untuk Aglonema serta 50 ribu - 100 ribu untuk setiap helai daun Anthurium jenis tertentu.

Dengan harga yang menggiurkan tersebut, otomatis kedua jenis tanaman itu menjadi tanaman hias yang paling banyak dicari kala itu. Namun seiring zaman dan hobi merawat tanaman hias makin hari makin ditinggalkan, lama kelamaan kedua jenis tanaman tersebut mulai kehilangan pamornya, meskipun tidak pernah kehilangan pesonanya.

Walaupun sebelum pandemi masih ada yang masih mempunyai dua jenis tanaman hias tersebut, maka dipastikan itu hanyalah mereka yang benar-benar mencintai kedua jenis tanaman tersebut. Ataupun yang dulu pernah ikut berburu untuk mendapatkan tanaman hias Aglonema dan Anthurium tersebut.

Kini dengan adanya wabah pandemi Coronna, menjadikan setiap orang harus berada di rumah, sehingga banyak orang mulai melirik segala kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, termasuk menekuni hobi merawat tanaman hias. 

Keuntungan lain dari adanya tren merawat tanaman hias ini tentu saja dengan munculnya kembali Aglonema menjadi favorit semua pecinta tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman Aglonema yang dulu pernah dilupakan, namun kini dicari kembali, termasuk Aglonema Lipstik Siam Aurora.

Nah, jika anda pecinta tanaman hias, maka jangan bilang kalau di pekarangan rumah anda belum ada tanaman Aglonema, karena bisa saja harganya akan melonjak naik untuk beberapa waktu yang akan datang, atau mungkin anjlok hingga tidak ada lagi di pasaran.

_______________________

.




Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Perpusnas dalam Pembangunan

Dare to be you with ASUS S14 S433