Lets Read !!!, Salah Satu Metode Pembelajaran Pada Anak.



Lets Read !!!, salah satu metode pembelajaran pada anak - , Anak diibaratkan seperti sehelai kertas kosong yang masih putih bersih tanpa noda. Apapun yang kita tulis disana akan selalu membekas. Begitupun dengan seorang anak, dia akan mengingat, meniru, hingga mempraktekkan apa yang dia dengar, terutama dari kita sebagai orang tuanya.

Maka diperlukan suatu metode pembelajaran pada anak yang diharapkan bisa melekat hingga anak tumbuh dewasa nanti. Lets Read !!! adalah salah satunya. 

Dengan mengenalkan mereka untuk membaca dan mengenali buku, diharapkan anak bisa termotivasi untuk mencintai buku.

Lets read !!! Juga bisa menumbuhkan jiwa petualang seorang anak. Membawanya pada imajinasi yang mereka baca dari sebuah buku. Maka dari itu diperlukan peran orangtua untuk mengawal aktivitas lets read !!! pada anak.

Jenis-jenis Metode Pembelajaran Pada Anak Usia Dini.

Metoda pembelajaran pada anak  adalah suatu metode pembelajaran yang diterapkan pada anak-anak, khususnya pada anak usia dini dengan harapan bisa membangun karakter anak dimasa pra usia sekolah.

Ada beberapa jenis metode pembelajaran pada anak usia dini, diantaranya : 

  1. Bercerita. Dalam pembelajaran anak usia dini, metode Lets Read !!! masuk kedalam jenis metode pembelajaran dengan cara bercerita. Ini dikarenakan pada anak usia dini, mereka belum bisa membaca, jadi diperlukan peran orang tua untuk melakukan Lets Read !!!, kemudian dilanjutkan dengan menceritakan apa yang kita baca kepada anak-anak kita.
  2. Demonstrasi, artinya dengan memeragakan atau mencontohkan sesuatu kepada anak usia dini.
  3. Bercakap-cakap. Dengan mengajak anak usia dini bercakap-cakap, diharapkan akan timbul adanya interaksi dan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.
  4. Pemberian Tugas. Sekali-kali berilah tugas pada si kecil yang sekiranya tidak akan memberatkan dirinya. Misalnya menyuruh mengambilkan handuk, menyuruh memakai celana sendiri setelah buang air kecil, dsb.
  5. Bermain Peran. Anak umumnya mempunyai imajinasi yang tinggi. Bermain peran adalah salah satu cara mereka menuangkan segala imajinasi mereka. Menjadi dokter-dokteran, bermain masak-masakkan bagi anak perempuan adalah salah satu diantaranya.
  6. Karyawisata. Karyawisata adalah cara mengenalkan anak akan dunia luar. Tak perlu jauh-jauh, dengan hanya mengajak anak ke taman kota misalnya itu sudah bisa dikatakan karyawisata.
  7. Proyek. Proyek bisa diartikan sebagai tugas yang harus mereka kerjakan. Umumnya untuk mengasah keterampilan dan karakter si anak. Contohnya adalah dengan mengajak anak menyusun puzzle, bermain teka-teki adalah contohnya. Namun perlu diingat, pemberian proyek ini tetap harus dilandasi dengan sistem "bermain sambil belajar".

Lets Read !!! dengan Bercerita.


Bercerita merupakan kelanjutan dari Lets Read !!! yang bisa dilakukan oleh orangtua kepada anak usia dini. Dimana orangtua membaca buku untuk mendapatkan bahan cerita. Kemudian menceritakan kembali kepada anak-anak, tentunya dengan bahasa sendiri sesuai dengan karakter ibu atau ayahnya yang mempunyai tugas untuk bercerita.

Metode Lets Read !!! dengan bercerita ini akan menumbuhkan minat membaca pada anak usia dini kelak dikemudian hari setelah mereka sudah mulai bisa membaca. 

Awalnya si anak akan meminta ayah/ibunya bercerita kembali tentang cerita/kisah yang dia sukai, kemudian anak akan bertanya darimana ayah/ibu mendapatkan cerita tersebut, jika mereka tahu bahwa itu adalah kisah dari buku, mereka akan mulai minta dibacakan dari buku.

Lama-kelamaan, mereka akan membaca buku tentang cerita/kisah yang mereka sendiri tanpa bantuan orangtuanya, kelak jika anak tersebut sudah bisa membaca. Mula-mula hanya akan membaca cerita itu saja, namun akhirnya mereka akan berekspolarasi dan mencari topik lain. Hingga akhirnya mereka akan melakukan metode Lets Read !!! dengan kemauan mereka sendiri.

Itu hanyalah sebagian contoh kecil saja yang bisa kita lakukan untuk menerapkan kebiasaan Lets Read !!! pada anak usia dini. Kiranya ada banyak lagi metode pembelajaran pada anak usia dini yang bisa kita lakukan selain dari itu. 

Satu hal lagi, berikan pengertian pada si kecil bahwa dengan Lets Read !!! atau istilah lain dari membaca, kita akan mengetahui segala hal yang sebelumnya belum kita ketahui.

Untuk melakukan Lets Read !!! ini kita tak perlu lagi mencari buku-buku yang bisa kita baca. Sekarang ada aplikasi Lets Read !!! yang memungkinkan anak-anak bisa membaca semua cerita dengan dilengkapi gambar-gambar yang menarik, yang bisa membuat si kecil betah membaca cerita berlama-lama.

Untuk mengunduh aplikasi Lets Read !!!, bisa melalui link dibawah ini,

Https://bit.ly/downloadLR2

Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Perpusnas dalam Pembangunan

Dare to be you with ASUS S14 S433